Kamis, 22 November 2012

TEKNIK DASAR RENANG GAYA PUNGGUNG



     Gaya punggu merupakan gaya renang yang paling mudah karena posisi tubuh dalam keadaan terlentang.renang gaya punggung memberikan keindahan saat melakukan pernafasan
  Adapun hal-hal yang harus di perhatikan dalam melakukan teknik ini sebagai berikut:
1.Posisi tubuh
Posisi tubuh atau body position pada renang gaya punggung harus dilakukan secara benar. Posisi tubuh yang benar ialah dalam keadaan horizontal dengan bidang tahanan air. Posisi tersebut dapat memperkecil tahanan tubuh terhadap air.
2.Gerakan kaki
    Gerakan kaki dalam renang gaya punggung berfungsi untuk mempertahankan atau memelihara keseimbangan posisi tubuh dan menjaga keseimbangan gerak lengan. Selain itu, gerakan persendian kaki yang elastis dapat dorongan kaki.
3.Gerakan lengan
Gerakan lengan dan kaki yang benar dan dilakukan secara berkesinambungan dapat menjaga keseimbangan tubuh. Gerakan lengan renang gaya punggung dapat dibagi menjadi beberapa fase,yaitu entry, pull-push.
   a.Entry
        Fase entr merupakan gerak akhir putaran lengan dari sendi bahu. Untuk mendapatkan posisi tubuh saat entry yang baik ialah posisi lengan segaris dengan bahu dan panggul agak diangkat kepermukaan air.
  b.pull-push
    pada fase pull dari posisi lengan lurus, kemudian tekuk telapak tangan ke atas sambil melakukan gerakan menekan. Setelah gerak menekan air, gerakan berubah menjadi gerak mendorong (push).saat gerakan mendorong, posisi siku tepat berada dekat pinggang.
4.Teknik bernafas
Cara melakukan pernafasan pada renang gaya punggung yaitu menghirup udara dan meniupkan udara saat gerakan pull-push. Menghiru pudara dilakukan melaui mulut dan membuang udara dari mulut dan hidung secara perlahan………. SELAMAT MENCOBAAA!!!!!.......

2 komentar:

  1. Makasih banyak yaa sangat membantu tapi maaf ya aku bukan anak 9b soalnya blognya bilang khusus kelas 9b jadi maaf ya aku lancang masuk2 blog kelas kamu padahal aku bukan 9b

    BalasHapus