Kamis, 07 Februari 2013

Sistem pernafasan manusia

A.  Alat Pernapasan Manusia
Alat pernafasan pada manusia terdiri dari hidung,pangkal tenggorok,batang tenggorok,cabang batang tenggorok,dan paru-paru.
1)   Hidung
Hidung merupakan alat pertama yang dilalui udara dari luar.di dalam rongga hidung terdapat rambut dan selapun lendir
Ø Rambut berfungsi menyaring udara yang masuk
Ø Selaput lendir berfungsi mengatur suhu yang masuk
2)   Pangkal Tenggorokan (Laring)
Setelah melewati hidung, udara masuk ke pangkal tenggorokan melalui  faring. Faring adalah hulu kerongkongan. Faring merupakan persimpangan antara rongga mulut ke kerongkonngan. Dari pangkal tenggorokan (laring) udara masuk ke batang tenggorok (trakhea).
    Bagaimana udara tidak “salah jalan” masuk ke kerongkongan dan makanan tidak “tersesat” masuk ke dalam batang tenggorok ?
    Pada daerah tekak, yaitu di langit-lamgit mulut bagian belakang terdapat anak tekak. Pada pangkal tenggorokan (laring) tedapat katup yang di sebut epiglotis. Ketika kita bernapas, epiglotis terbuka dan anak tekak melipat ke bawah bertemu dengan epiglotis. Udara akan masuk melewati pangkal tenggorokan. Ketika kita menelan , epiglotis menutup pangkal tenggorokan dan makanan akan masuk ke kerongkongan (esofagus). Tetapi jika kita menelan dan epiglotis belum menutup, makanan atau minuman akan masuk ke tenggorokan. Saat itu kita tersedak.
Pangkal tenggorokan (laring) terdiri atas keping tulang rawan yang membentuk jakun. Jakun tersusun atas tulang lidah, katup yulang rawan, perisai tukang rawan, piala tulang rawan, dan gelar tulang rawan. Pada pangkal tenggorokan terdapat selaput suara akan bergetar jika terhembus udara dari paru-paru misalnya pada saat kita berbicara.
3)   Batang tenggorokan (trakhea)
Trakhea merupakan pipa yang terdiri dari geleng-gelang tulang rawan. Panjang batang tenggorokan sekitar 10 cm. Trakhea di lapisi selaput lendir yang sel-sel nya berambut
Ø Rambut getar berfungsi menolak debu dan benda asing yang masuk bersama udara.
4)   Cabang batang tenggorokan atau (bronkus)
Bronkus terdiri dari dua bronkus sebelah kiri dan sebelah kanan. Bronkus bercabang lagi menjadi bronkiolus,
ü Bronkus sebelah kanan bercabang menjadi 3 bronkiolus
ü Bronkus sebelah kiri bercabang menjadi 2 bronkiolus

ð Cabang-cabang yang paling kecil masuk ke paru-paru atau alveolus.alveolus mengandum kapiler darah
5)   Paru-paru
Paru-paru terletak di rongga dada di atas sekat diafragma.Diafragma adalah sekat rongga badan,yang membatasi rongga dada dan rongga perut
Paru-paru terdiri dari 2 bagian :
v Paru-paru kanan memiliki 3 gelambir
v Paru-paru kiri memiliki 2 gelambir
    Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru atau  plaura yang terdiri dari 2 lapis,selaput paru-paru membungkus alveolus
Dinding alveolus mengadung kapiler darah.oksigen yang terdapat di dalam alveolus berdifusi  menembus dinding alveolus,lalu menembus dinding  kapiler darah yang mengelilingi alveolus.setelah itu oksigen masuk ke dalam pembulu darah  dan diikat oleh homoglobin.ikatan ini membentuk oksihemoglobin.Dengan demikian oksigen diedarkan ke seluruh tubuh.
Setelah sampai di sel tubuh,okesigen dilepaskan sehingga oksihemoglobin kembali menjadi hemoglobin.oksegen digunakan untuk oksidasi.karbondioksida hasil oksidasi sel diangkut  oleh darah menuju paru-paru.karbondioksida akan dikeluarkan melalui hidung.
Volume udara didalam paru-paru orang dewasa kurang lebih 5 liter,volume udara dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
§  Udara tidal adalah udara yang keluar dan masuk ke paru-paru sebanyak 0,5 liter
§  Udara komplementer adalah udara yang dapat masuk ke paru-paru setelah menarik nafas biasa
§  Udara suplemeter adalah udara yang dapat dikeluarkan dg kuat
Volume udara ini disebut residu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar